Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Januari 2011

Souphanouvong, Sang Pangeran Merah

Pangeran Souphanouvong (13 Juli 1909 - 9 Januari 1995) adalah seorang Pangeran Kerajaan Laos yang kemudian menjadi Presiden pertama Republik Demokratik Rakyat Laos atau yang biasa disebut Laos. Dia dijuluki "Pangeran Merah" karena dia merupakan pendiri dan pemimpin Pathet Lao, yaitu organisasi komunis di Laos yang memberontak melawan Kerajaan Laos yang mendapat dukungan dari Amerika Serikat. Selain itu dia juga mempunyai kedekatan dengan gerakan komunis di Vietnam.

 Ayah bernama Pangeran Buonkhong dan ibunya bernama Kham Ouane. Dia mendapatkan pendidikan di Prancis dan Vietnam. Di Vietnam dia menjadi pendukung Ho Chi Minh dan ikut kedalam gerakan komunis di Indocina. Pada bulan Agustus 1950, Souphanouvong menjadi pemimpin Pathet Lao dan berjuang melawan pemerintakan Monarki Laos sampai kejatuhan Monarki Laos pada tahun 1975.

Pada 2 Desember 1975, dia diangkat menajadi Presiden pertama Laos sampai akhirnya dia berhenti pada 15 Agustus 1991. Pada 1991 dia menjadi Penasihat Komite Pusat Partai Revolusioner Rakyat Laos, satunya - satunya partai politik di Laos. Souphanouvong meniggal pada 9 Januar 1995 d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar