Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 Januari 2011

Partai Politik di Korea Utara

Meskipun merupakan negara komunis, tapi Korea Utara mempunyai tiga partai politik di negaranya. Partai yang berada di Korea Utara adalah Partai Pekerja Korea, Partai Demokratik Sosial Korea, dan Partai Chongu Chondois. Ketiga partai ini membentuk sebuah koalisi yang bernama Front Demokratik untuk Reunifikasi Tanah Air. Meskipun terdapat tiga partai, tapi hanya Partai Pekerja Korea saja yang berkuasa di Korea Utara. Sementara keduanya hanya pelengkap saja.

1. Partai Pekerja Korea
Bendera Partai Pekerja Korea
Partai Pekerja Korea (atau kadang disebut Partai Buruh Korea) adalah partai yang paling berkuasa di Korea Utara. Didirikan pada tanggal 30 Juni 1949. Partai ini merupakan gabungan dari Partai Buruh Korea Utara dan Partai Pekerja Korea Selatan. Partai ini dipimpin oleh Sekertaris Jenderal, yang sekarang dijabat oleh Kim Jong Il. Partai ini mempunyai pengaruh kuat dalam perpolitikan Korea Utara. Hampir semua pejabat pemerintah Korea Utara berasal dari partai ini.

2. Partai Sosial Demokrat Korea
Partai Sosial Demokrat Korea merupakan salah satu partai Korea Utara. Didirikan pada tanggal 3 November 1945, tujuan awal dari partai ini adalah membawa demokrasi kedalam masyarakat Korea pasca pendudukan Korea. Kini partai mrepukan pendukung dari Partai Pekerja Korea dan berada dibawah kendali partai ini. Kini partai ini dipimpin oleh Kim Yong Dae yang menjabat sebagai Ketua Komite Pusat Partai Sosial Demokrat Korea.
 
3. Partai Chongu Chondois
Partai Chongu Chondois adalah salah satu partai politik Korea Utara. Partai ini didirikan pada tanggal 5 Februari, 1946 oleh sekelompok pengikut Chondoisme (Chondoisme sendiri adalah gerakan keagamaan Korea yang suda ada sejak akhir abad 19). Pendiri partai ini adalah Kim Tarhyon. Saat ini partai ini dipimpin oleh Ryu Mi Yong. Partai ini dibawah kendali Partai Pekerja Korea.  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar