Total Tayangan Laman

Jumat, 31 Desember 2010

Republik Cina

Bendera Republik Cina

Lambang Republik Cina

Peta Republik Cina

Nama Asli: ZhongHua MinGuo
Ibu Kota: Taipei
Bahasa Resmi: Mandarin
Bentuk Pemerintahan: Republik
Lagu Kebangsaan: Tiga Prinsip Rakyat
Luas: 32.360 km2
Jumlah penduduk: 22.749.383 (perkiraan 2003)
Kepadatan penduduk: 705/km2
PDB: 629 Miliar (Perkiraan 2005)
PDB per kapita: 30,084
Mata Uang: Dollar Baru Taiwan
Zona Waktu : (utc+8)
Musim Panas(dst): (utc+8)
Menyetir di lajur: kanan
Domain Internet: .tw
Kode telepon: 886
catatan:
1. Ibukota resminya masih di Nanjing, RRC
2. Hanya diakui oleh beberapa negara

Republik Cina (ROC) adalah nama resmi dari negara Taiwan. Orang menyebut negara ini "Taiwan" agar tidak bingung dengan RRC yang berada di Cina daratan. Negara ini menguasai Pulau Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy, dan Kepulauan Matsu. 
Sebelum tahun 1949, ROC menguasai seluruh wilayah Cina dengan ibukota di Nanjing. Tapi pada tahun 1949 pemerintahan ROC dibawah pimpinan Partai Nasional Cina (Kuomintang) digulingkan oleh Partai Komunis Cina. Lalu pemerintah ROC melarikan diri ke Taiwan dan mendirikan negara disana dengan nama yang sama. Sementara di Cina daratan diproklamirkan Republik Rakyat Cina (RRC) yang sekarang disebut Cina.
Sampai sekarang ROC masih mau tidak mengakui RRC sebagai negara sah di Cina daratan. ROC masih menganggap Cina daratan masih wilayah negara itu. Begitu juga dengan RRC yang tidak mengakui ROC dan menganggap Pulau Taiwan dan sekitarnya milik RRC.

Sejarah Republik Cina
Dr. Sun Yat Sen, pendiri sekaligus Presiden pertama ROC

Sejarah ROC berawal dari Revolusi Xinhai, yaitu revolusi yang dilancarkan Dr. Sun Yat Sen pada tahun 1911 terhadap Dinasti Qing, yaitu dinasti terakhir di Cina. Akibat dari Revolusi ini berakhirlah Kekaisaran Cina selama 2500 tahun. Pada 1 Januari 1912 didirikanlah Republik Cina dengan Sun Yat Sen sebagai Presiden pertamanya dengan ibukota di Nanjing.
Pada masa awal - awal ROC, Cina terbagi menjadi beberapa wilayah yang diperintah oleh panglima perang. Otomatis ROC yang saat itu diperintah oleh Kuomintang kehilangan kendali kekuasaan dan hanya berkuasa disekitar Nanjing. Tapi pada 1926 dibawah pimipinan Chiang Kai Shek, Kepala Tentara Revolusi Nasional yang juga Ketua Partai Kuomintang, mengadakan Ekspedisi Utara dan berhasil mempersatukan Cina dibawah pimpinan Koumintang.
Chiang Kai Shek

Pada Tahun 1931, Jepang menginvasi Manchuria, wilayah utara Cina dan menguasianya. Dari situlah awal dari Perang Sino - Jepang. Pada tahun 1937 Jepang menyerang lebih jauh ke dalam wilayah Cina. Dan pada akhirnya Ibukota Nanjing berhasil dikuasai Jepang. Ibukota pun beralih ke Chongqing. Dan karena hal ini menyebabkan Cina masuk kedalam Perang Dunia II.
Pasca Perang Dunia II, Koumintang berperang dengan musuh bebuyutannya, Partai Komunis Cin (PKC) pada tahun 1947. Pada Tahun 1949, PKC dibawah pimpinan Mao Zedong berhasil mengalahkan Koumintang. Di bawah pimpinan Chiang, Pemerintah Koumintang pun melarikan diri ke Taiwan dan membentuk pemerintah ROC yang otoriter dengan Presidennya Chiang Kai Shek. Sampai sekarang ROC tetap tegak berdiri meski hanya menguasai Taiwan dan pulau sekitarnya. 

Politik Republik Cina
Politik ROC menggunakan asas demokrasi dan liberalisme seperti negara - negara barat. Hal ini berbeda dengan politik RRC.
Setelah melarikan diri ke Taiwan membentuk pemerintahan disana, ROC berada dibawah pemerintahan satu partai Kuomintang yang otoriter. Pada masa Rezim Chiang, terjadi pembungkaman kebebasan, pembatasan kegiatan politik dan pers. Tapi setelah Chiang meninggal pada 1975, kran kebebasan dibuka secara perlahan - lahan.
Kini ROC menjadi negara yang multipartai dengan kebebasan politiknya dijamin.
ROC menggunakan Konstitusi Republik Cina tahun 1947 yang diubah sedikit pada tahun 1991.
Sebelum tahun 1991 ROC masih mengkalim Cina Daratan masih menjadi wilayah ROC. Tetapi setelah tahun 1991, klaim itu sedikti berkurang dengan melihat kenyataan bahwa Cina daratan dikuasai RRC. Kini muncul wacan pembentukan "Reupblik Taiwan" sebagai suatu negara yang memerintah wilayah de facto ROC.

Pemerintah Republik Cina
Ma Ying Jeou, Presiden ROC sekarang

Wu Den Yih, Perdana Menteri ROC sekarang

Kantor Kepresidenan ROC di Taipei

Bentuk pemerintahan ROC adalah Republik dengan Presiden sebagia kepala negara dan Perdana Menteri (di ROC disebut Kepala Eksekutif Yuan) sebagai kepala pemerintahan.
Presiden sebagai Panglima Tentara Nasional dan pemegang 4 cabang (Yuan). Yaitu Yuan eksekutif, Yuan Perwkilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawas.
Perdana Menteri merupakan kepala eksekutif. PM ditunjuk oleh Presiden. PM betanggung jawab kepada parlemen tapi parlemen tidak berhak memecat PM. PM mempunyai hak membentuk kabinet dengan persetujuan Presiden. Para menteri bertanggungjawab kepada PM tapi pengangkatan dan pengundurannya merupakan hak Presiden.  
Badan Legislatif adalah DPR dengan 225 kursi dimana 168 diisi oleh anggota hasil pemilu. Sisanya dibagikan secara propsional kepada partai (41 kursi), Wilayah sebernag lautan (8 kursi), dan khusus kepada penduduk asli Taiwan (8 Kursi)
Pembagian Administratif ROC.
Menurut Kontitusi ROC 1947, Pembagian wilayah ROC masih meliputi provinsi di Cina Daratan. Tapi sekarang ROC hanya menguasai dua provinsi ditambah dua wilayah khusus dibawah pemerintah pusat. Berikut pembagian administratif ROC.
1. Provinsi Taiwan: wilayahnya semua pulau Taiwan (kecuali dua wilayah khusus) ditambah Kepulauan Pescadores. Terdiri dari 16 daerah dan lima kota setingkat provinsi
2. Provinsi Fujian: wilayahnya pulau - pulau kecil dekat Cina daratan. Terdiri dari 2 daerah yaitu Kinmen dan Lienchiang


Hubungan Luar Negeri Republik Cina

Peta Negara yang mengakui ROC
Di dunia internasional, ROC mempunyai peran penting. Karena ROC merupakan salah satu pendiri PBB.
Sebelum tahun 1971, ROC masih tetap diakui oleh beberapa negara dan masih menjadi anggota PBB. Tapi tahun 1971 beberapa negara mulai memutuskan hubungan ROC dan beralih ke RRC. Selain itu ROC juaga ditendang keluar PBB dan kedudukannya diganti oleh RRC. Kini ROC hanya diakui oleh 23 negara, sementara sisanya mengakui RRC. Mereka yang mengakui ROC tidak mengakui adanya RRC. Hal itu disebabkan kebijakan "Satu Cina" yang dimana slah satu negara hanya boleh mengakui satu negara Cina.
Meskipun begitu, rupanya ROC juga mmepunyai hubungandengan negar yang tidak mengakui ROC. Sebagai contoh di negara yang tidak mengakui ROC sering terlihat perwakilan resmi ROC dengan nama Kantor Perwakilan Pedagangan dan Kebudayaan Taipei atau disebut "Kantor Perwakilan Taipei". Negara - negara itu juga mempunyai perwakilan di ROC dengan nama yang aneh. Contohnya seperti Institut Amerika di Taiwan yang merupakan perwakilan Amerika di ROC.


Ekonomi Republik Cina

Taipei 101 merupakan simbol keberhasilan ekonomi ROC
Ekonomi ROC termasuk salah satu ekonomi terbesar di Asia selain Jepang, Korsel, Hongkong, Singapura, dan RRC. Ekonomi ROC merupakan ekonomi kapitalis dimana kendali pemerintah atas kendali ekonomi berkurang. Ekonomi ROC kebanyakan begerak dibidang industri jasa konstruksi, perbankan, industri, elektronika, komputer serta semikonduktor yang sudah diakui kualitasnya di pasar internasional, perkapalan, jasa penerbangan, dan transportasi. Pada masa lalu, ROC dikenal sebagai penghasil barang - barang tiruan dari Jepang, dimana kualitasnya dibawah kualitas made in Japan khususnya di pasar Indonesia. Produk made in Taiwan berkonotasi sebagai tiruan produk Jepang

Penduduk Republik Cina 
Foto Penduduk Asli Taiwan
Pupolasi penduduk ROC  tahun 2010 sekitar 231.150.923 dengan 98 % adalah etnis Han, terutama yang mempunyai hubungan dengan sub - etnis Hokkian, yaitu etnis yang menetap di Fujian, RRC yang juga menyabar ke seluruh Asia Tenggara. Sementara sisanya adalah penduduk asli Taiwan, dan imigran dari India, Filipina, Indonesia, juga imigran dari Cina Daratan. 
Menurut perkiraan tahun 2005, sebagian besar penduduk ROC menganut Agama Budha (31,5 %). Sementara sisanya adalah Kong Hu Chu (33 %), Ateis (14 %), Kristen (3,9 %), I- Kuan Tao (3,5 %), dan lainnya (10,5 %).
Bahasa resmi ROC adalah Bahasa Mandarain, tapi pada kesehariannya, penduduk ROC mengunakan Bahasa Hokkian dana Bahasa Hakka. Penduduk asli Taiwan meskipun mempunyai bahasa sendiri tapi mereka sekarang bertutur bahasa Mandarin dan bahasa Hokkian.


Budaya Republik Cina
Dewan Konser Nasional di Taipei

Penari yang mengunakan pakaian penduduk asli Taiwan

Budaya ROC masa kini bersumber dari budaya Taiwan. Budaya mempunyai budaya tersendiri dari budaya di Cina daratan. Budaya Taiwan masa kini bersumber dari budaya Tiongkok, Jepang, dan Amerika.
Setelah pindah ke Taiwan, pemerintah Kuomintang bertindak melestarikan budaya Tiongkok. Mereka melakukan gerkan pelestarian budaya Tiongkok. Salah satunya adlah pembangunan Museum Nasinal Cina di Taipei yang menjadi salah satu daya tarik Kota Taipei. Museum ini mempunyai lebih dari 650.000 koleksi perunggu, giok, kaligrafi, dan porselen Tiongkok. Koleksi ini dibawa dari Beijing oleh pemerintah Koumintang ketika mereka melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949. Dipercaya koleksi ini merupakan sebagian harta kekayaan budaya Tiongkok dan hanya 1 % yang dipamerkan pada setiap masa.
Minuman Taiwan juga terkenal di dunia. Teh berbuih dan Teh susu merupakan minuman yang terkenal di Malaysia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat. Selain itu ROC juga terkenal akan film - filmnya yang berkualitas. Sebagai contoh sutradara Ang Lee mendapat nama dari film besutannya
ROC terus mencari sumber berkembangnya budaya Taiwan yang berbeda dari budaya Cina daratan. Hal disebabkan karena reaksi terhadap pemerintahan tangang besi Koumintang dan permusuhan terhadap RRC.

Militer di Republik Cina
Sebelum kepindahan ke Taiwan, nama tentara nasional di ROC adalah Tentara Revolusioner Nasional . Dibentuk pada tahun 1925 di Guandong dan tentara ini dibawah perintah Koumintang.
 Bendera Tentara Revolusioner Nasional

Setelah kepindahan ke Taiwan, Tentara Revolusioner Nasional dtrsanformasi ke dalam Angakatan Darat Republik Cina.
Kini Angkatan Bersenjata ROC tidak dikontrol oleh  Koumintang, tapi oleh Presiden sebagai panglima tertinggi.
Angkatan Bersenjata ROC terdiri dari 6 cabang, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polisi Militer, Korps Marinir, dan Badan Antariksa Nasional. Tujuan dari Angakatan ROC adalah menentang RRC yang juga ingin menguasai ROC di Taiwan.
Kapal Perang ROC sedang berpatroli di perairan teritorial ROC.

Ketika kepindahan ROC ke Taiwan, ROC memperoleh bantuan persenjataan dari Amerika Serikat dan Eropa Barat. Hal iru dilakukan untuk membendung serangan RRC ke Taiwan. ROC memanfaatkan hubungan ini dengan bantuan teknik persenjataan dari barat. Sehingga ROC memilik industri persenjataan sendiri yang juga bisa diekspor (meskipun hanya pesenjataan ringan seperti amunisi dan senapan otomatis).
Ketika hubungan diplomatik ROC dengan Amrika Serikat putus, Amerika tetap memberikan bantuan persenjataan kepada ROC, meskipun mendapat tentangan dari RRC. Namun ROC khawatir hubungan ini sewaktu - waktu akan terganggu. Oleh karena itu ROC berusaha memenuhi kebutuhan militer sendiri dengan teknologi persenjataan sendiri.
Kekuatan militer ROC difokuskan pada pertahanan akan serangan RRC. Meskipun hanya berupa provokasi - provokasi militer seperti latihan gabungan di Selat Taiwan. 
ROC juga mempunyai hubungan militer dengan Singapura. Singapura menempatkan tentaranya di ROC karne kertebatasan wilayahnya. Bahkan SIngapuara pernah meminta RRC agar memberitahu dulu kepada Singapuara apabial RRC akan menyerang ROC.

Kalender di Republik Cina
Sebuah kalender memperingati tahun pertama MinGuo dan pemilihan Sun Yat Sen sebagai Presiden.

Di ROC sendiri juga terdapat sisitem kalender sendiri. Sistem kalender ini disebut Kalender MinGuo. MinGuo sendir secara harfia artinya "Negara Rakyat" atau lebih tepat disebut "Republik". Sistem ini mengikuti sistem kalender era Kekaisaran Tiongkok dimana nama kalender berasal dari nama kaisar yang berkuasa. Sistem penomoran kalender ini dimulai tahun 1912 sebagai tahun pertama MinGuo atau tahun pendirian ROC. Sebagai contoh tahun 2010 adalah tahun ke 99 MinGuo atau tahun ke 99 Republik Cina. Kalender Juche yang digunakan di Korea Utara yang berawal dari tahun kelarihan Kim Il Sung juga menggunakan sistem yang sama.

   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar